Febriany, Sherly (2016) Implementasi strategi customer relationship management hotel sheraton bandara divisi sales & marketing produk banquet dalam menjaga loyalitas pelanggan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan bisnis perhotelan di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan berdasarkan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara yang datang ke Indonesia. Besarnya jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, jelas merupakan potensi bisnis yang sangat besar untuk dimanfaatkan. Dewasa ini dunia bisnis menghadapi tantangan antara lain : globalisasi, kemajuan teknologi, serta tanggung jawab etika dan sosial. Bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini terlebih menghadapi AFTA 2015 menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Dibutuhkan pendekatan untuk mempertahankan pelanggan dan usaha untuk membangun loyalitas pelanggan yaitu pendekatan CRM (Customer Relationship Management). Jumlah pelanggan yang bertahan dalam suatu korporasi dapat meningkatkan pendapatan dan juga bisa mengurangi biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi customer relationship management Hotel Sheraton Bandara divisi sales dan marketing produk banquet dalam menjaga loyalitas pelanggan. Maka dari itu peneliti menggunakan Model Value Chain Francis Buttle. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian yang telah didapat adalah peneliti memahami bahwa dalam proses menjalankan strategi customer relationship management produk banquet divisi sales dan marketing Hotel Sheraton Bandara belum dijalankan dengan baik. Untuk merealisasikan hal tersebut, dibutuhkan sebuah teori melalui Model Value Chain milik Francis Buttle untuk mencapai loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 02:36 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 02:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/375 |
Actions (login required)
View Item |