Wijaya Ardi, Hero (2024) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Berkelanjutan Konsumen terhadap Belanja E-Grocery : Studi Kasus pada Titipku. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (11MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (11MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (190kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (190kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (11MB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11MB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Pertumbuhan jumlah pengguna internet dan meningkatnya indeks literasi digital di Indonesia telah mengubah kebiasaan belanja online, mendorong pertumbuhan sektor e-grocery dalam e-commerce. Namun, pergeseran perilaku konsumen pasca-pandemi yang kembali berbelanja offline menghadirkan tantangan besar bagi penyedia layanan e-grocery seperti Titipku, sehingga memunculkan pertanyaan tentang bagaimana platform ini dapat mempertahankan pengguna dan meningkatkan niat beli berkelanjutan mereka. Berdasarkan Theory of Reasoned Action dan Multi-Attribute Attitude Model, penelitian ini bertujuan mengetahui atribut pengalaman belanja produk kebutuhan sehari-hari secara daring apa saja yang mempengaruhi sikap pengguna, serta bagaimana sikap tersebut mempengaruhi niat pembelian berkelanjutan dalam menggunakan aplikasi Titipku. Penelitian ini menggunakan desain penelitian konklusif berupa penelitian deskriptif dengan single cross sectional design, serta pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner menggunakan judgmental sampling yang berfokus pada pengguna Titipku dengan rasio transaksi rata-rata minimal 1,00 per bulan selama enam bulan terakhir hingga 10 Oktober 2024, sehingga melibatkan 140 pengguna Titipku sebagai responden penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa product assortment, customer service, dan price value berpengaruh positif terhadap attitude towards the Titipku app, yang selanjutnya memengaruhi continuous purchase intention. Selain itu, convenience dan instant delivery berpengaruh positif terhadap attitude towards grocery delivery shopping, yang juga memengaruhi continuous purchase intention. Penelitian ini mmemberikan pemahaman komprehensif mengenai hubungan antara beberapa atribut kegiatan belanja grocery secara daring terhadap perilaku pembelian berkelanjutan dengan menekankan adanya hubungan yang saling berhubungan antara attitude towards the Titipku app dan attitude towards the grocery delivery shopping.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | E-grocery, Multi-attribute Attitude Model, Niat Beli Berkelanjutan, Theory of Reasoned Action, |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |