Perancangan Aplikasi Faithverse Tentang Kisah Nabi Yunus untuk Meningkatkan Ketaatan Anak-Anak

Marvel Chrismawanto, Jeremy (2025) Perancangan Aplikasi Faithverse Tentang Kisah Nabi Yunus untuk Meningkatkan Ketaatan Anak-Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (648kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (721kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (641kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (613kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi edukatif tentang kisah Nabi Yunus untuk anak-anak usia 6-12 tahun yang berguna dalam meningkatkan ketaatan religiulitas anak kepada Tuhan. Dari hasil observasi, wawancara, dan kuesioner yang dilakukan, ditemukan bahwa tingkat ketaatan religiulitas generasi alfa terancam makin rendah serta anak-anak jaman sekarang lebih menyukai media digital interaktif dan visual dibandingkan media cetak seperti Alkitab. Proses yang digunakan dalam perancangan adalah design thinking dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Dari sisi visual, pemilihan warna terang dan kontras seperti biru dan kuning menggunakan teori warna Birren (1984) yang menyatakan bahwa kombinasi warna tersebut dapat meningkatkan daya tarik dan membentuk suasana belajar yang kondusif. Tipografi yang digunakan berupa sans- serif dan display font untuk meningkatkan keterbacaan pada aplikasi sesuai teori prinsip UI menurut Wiwesa (2021). Aplikasi memiliki fitur utama yaitu ilustrasi cerita, ayat harian, kuis, jurnal harian, dan interaktivitas seperti minigame dan kuis. Hasil uji alpha test dan beta test menunjukan masyoritas respon terhadap aplikasi yang positif, terutama pada tampilan, ide, fitur, dan navigasi. Namun hal ini tidak menutup adanya celah untuk peningkatan aplikasi melalui saran dan kritik. Aplikasi dipromosikan menggunakan facebook ads, intagram ads, standing banner, dan merchandise. Dengan menggunakan visual interaktif, aplikasi ini telah terbukti melalui hasil beta test sebagai media edukasi yang tidak hanya menyenangkan namun juga efektif dalam meningkatkan nilai religiusitas dan ketaatan anak-anak. Hasil akhir aplikasi berhasil mengatasi penurunan tingkat ketaatan generasi alfa, serta keterbatasan media pembelajaran yang membahas kisah Nabi Yunus secara menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aplikasi Edukasi, Ketaatan Anak, Kisah Nabi Yunus
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jul 2025 11:04
Last Modified: 02 Jul 2025 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37587

Actions (login required)

View Item View Item