Perancangan Board Game Mengenai Lapisan Atmosfer Bumi untuk Kelas 10 SMA

Angelica, Dennisa (2025) Perancangan Board Game Mengenai Lapisan Atmosfer Bumi untuk Kelas 10 SMA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (867kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (431kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (237kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Lapisan atmosfer bumi merupakan salah satu lingkup dari materi lingkungan geosfer di Kelas 10 SMA. Jika peserta didik tidak mempelajari lapisan atmosfer bumi dengan baik, mereka akan kesulitan memahami karakteristik lapisan atmosfer Hal tersebut tentu bertolak belakang dengan capaian belajar geografi Kurikulum Merdeka. Penyebab dari kesulitan tersebut adalah bahasan materi yang terlalu luas dan memiliki konsep yang asbtrak. Faktor lainnya adalah media pembelajaran yang kurang menarik dan tidak interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang media informasi interaktif berupa board game yang dapat membantu pelajar SMA kelas 10 memahami karakteristik lapisan atmosfer bumi secara kolaboratif. Board game dipilih sebagai solusi media karena mekanisme permainannya yang melibatkan interaksi sosial dan kolaborasi. Metode perancangan yang digunakan adalah Playcentric Design yang meliputi tahap Ideation, Prototyping, dan Playtesting. Mekanisme board game berfokus pada kemampuan menghafal dan kerja sama tim, yang dimana pemain dibagi menjadi dua tim untuk berkompetisi. Komponen kartu pada board game menerapkan visual metafora, dengan tujuan meningkatkan retensi visual pada peserta didik. Hasil perancangan board game ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan setelah bermain sebesar 42,8%. Strategi promosi board game adalah dengan menggunakan media sekunder berupa poster, booth, dan merchandise. Media sekunder berperan untuk mempromosikan board game dan meningkatkan minat para pendidik untuk menggunakan media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: atmosfer, edukasi, pelajar, board game, kolaboratif
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jul 2025 11:15
Last Modified: 02 Jul 2025 11:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37616

Actions (login required)

View Item View Item