Purnama Lee, Helen (2025) Perancangan Gim mengenai Relief Karmawibhangga pada Candi Borobudur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (853kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (969kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (775kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (717kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Relief Karmawibhangga menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa kuno, seperti status sosial, gaya berbusana, flora fauna lingkungan sekitar, bangunan, dan objek lain yang digunakan untuk berkegiatan. Dalam relief Karmawibhangga juga ditampilkan hubungan sebab-akibat dari setiap perbuatan baik maupun buruk manusia. Rangkaian panil relief Karmawibhangga tidak terlihat karena tersembunyi di balik struktur selasar dan undag candi. Penutupan relief Karmawibhangga menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat. Pendapat pertama karena batuan yang menutupi relief Karmawibhangga digunakan untuk menyangga konstruksi Candi Borobudur agar tidak runtuh, sementara pendapat kedua menyebutkan bahwa relief Karmawibhangga ditutup karena menampilkan adegan vulgar dan sadis. Selain adanya misinformasi pada relief Karmawibhangga, Borobudur juga mengalami penurunan pondasi dan pelapukan sehingga dapat terancam rusak atau hilang. Media informasi relief Karmawibhangga jumlahnya tidak banyak karena relief Karmawibhangga di Candi Borobudur tertutup. Buku yang ada seperti buku Ehipassiko Karmawibhangga oleh Anandajoti Bhikku hanya menampilkan seluruh foto relief Karmawibhangga beserta cerita dari setiap relief. Media informasi yang sudah ada juga tidak interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat gim 3D mengenai relief Karmawibhangga. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan gim Tracy Fullerton yang tahapannya berupa konseptualisasi, membuat prototipe, dan uji coba. Hasil perancangan dari penelitian ini berupa gim 3D relief Karmawibhangga. Gim Karmawibhangga memberikan pengalaman bermain yang baru bagi pemain dikarenakan keunikannya dalam menceritakan relief Karmawibhangga dalam bentuk cutscene yang tampil setelah pemain melakukan suatu kegiatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Karmawibhangga, Borobudur, gim |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 11:17 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 11:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |