Perancangan Visual Novel tentang Sang Hyang Antaboga untuk para Remaja

Rachael Prudencia, Jazzlenn (2025) Perancangan Visual Novel tentang Sang Hyang Antaboga untuk para Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (262kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (295kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (184kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sang Hyang Antaboga merupakan tokoh kuno dari budaya Jawa yang banyak ditemukan dalam berbagai artefak masa lalu seperti relief. Meskipun demikian, generasi muda Indonesia, khususnya remaja, kurang mengetahui tentang tokoh dan kisahnya. Hal ini disebabkan oleh minimnya media informasi yang dapat diakses tentang tokoh tersebut, dan media yang mengadaptasi budaya Indonesia hanya berfokus pada tokoh seperti Pandawa, sehingga kisah Sang Hyang Antaboga kurang terekspos. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan Visual Novel sebagai bentuk media informasi modern tentang Sang Hyang Antaboga dapat membantu menyebarkan informasi tentang tokoh ini dan membantu mengajarkan generasi muda tentang budaya Indonesia, serta nilai-nilai moral yang dibawa oleh Sang Hyang Antaboga. Perancangan proyek semacam ini akan menggunakan berbagai metode seperti metode Design Thinking dan Metode Mixed Research untuk mengetahui lebih lanjut tentang tokoh ini serta cara untuk membuat Visual Novel yang berdampak dan informatif tentang tokoh ini. Dengan penelitian yang dikumpulkan untuk membuat Visual Novel, penulis membuat Visual Novel hibrida yang menggabungkan elemen point-and-click dan mendasarkannya pada frasa "Unearthing Ancient Roots". Setelah pembuatannya selesai, para penguji terlihat merasakan dampak positif dari rasa senang dalam memainkan game tersebut hingga menambah wawasan tentang Sang Hyang Antaboga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Sang Hyang Antaboga, Visual Novel, Remaja
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:02
Last Modified: 05 Jul 2025 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37684

Actions (login required)

View Item View Item