Enos Arkanathanias, Matius (2024) Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Social Interactivity terhadap Utilitarian Shopping Value dan Hedonic Shopping Value serta Implikasinya terhadap User Stickiness Platform Bukalapak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (444kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (914kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (260kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
E-commerce kini merupakan bagian dari hidup masyarakat, perkembangannya yang pesat membuat transaksi secara online menjadi lebih mudah dan cepat. Kini banyak sekali platform e-commerce yang tersedia untuk digunakan dan persaingan antar e-commerce menjadi ketat. Bukalapak kini berdasarkan data mengalami penurunan pengunjung yang sangat drastis, selain itu pengunjung merasa bekendala dalam menggunakan aplikasi, mencari manfaat lebih dan berinteraksi dengan penjual dalam platform tersebut. Oleh sebab itu penelitian ini meneliti mengenai pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, social interactivity terhadap utilitarian shopping value dan hedonic shopping value serta implikasinya terhadap user stickiness. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang diikuti oleh 213 responden yang telah memenuhi kriteria penelitian dan didapatkan melalui media Google Form. Teknik sampling yang digunakan merupakan teknik non-probability sampling dengan judgmental sampling Penelitian ini dilakukan menggunakan PLS SEM dengan bantuan Smart PLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang terjadi antara variabel perceived ease of use, perceived usefulness dan social interactivity terhadap utilitarian shopping value dan hedonic shopping value. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel utilitarian shopping value dan hedonic shopping value terhadap user stickiness. Maka dari itu perusahaan harus dapat memberikan pengalaman belanja yang mudah, berguna dan interaktif guna untuk meningkatkan sifat hedonic dan utilitarian. Selain itu, dengan meningkatkan sifat hedonic dan utilitarian perusahaan dapat meningkatkan jumlah kunjungan pada platform Bukalapak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | e-commerce, perceived ease of use, perceived usefulness, social interactivity, user stickiness |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:05 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |