Perancangan Kartu Augmented Reality Simbol-Simbol dalam Agama Buddha

Antovia, Valent (2025) Perancangan Kartu Augmented Reality Simbol-Simbol dalam Agama Buddha. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (374kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (927kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (133kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (77kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Simbol-simbol dalam agama Buddha merupakan pedoman penting bagi umat beragama Buddha dan representasi dari Dhamma atau ajaran Sang Buddha. Namun, masih banyak umat beragama Buddha yang tidak mengetahui makna dari simbol- simbol dalam agama Buddha karena metode belajar yang tidak efektif dan terbatasnya media pembelajaran yang spesifik. Pembelajaran simbol-simbol dalam agama Buddha dapat dipelajari dalam kegiatan Sekolah Minggu Budda (SMB). Media kartu Augmented Reality (AR) menawarkan solusi yang inovatif dan informatif, dimana pembelajaran simbol-simbol dalam agama Buddha dapat dipelajari dengan interaktif dibandingkan dengan cara ajar secara tradisional. Penelitian terfokus untuk merancang media pembelajaran bagi anak-anak SMB untuk membelajari simbol-simbol dalam agama Buddha. Target utama perancangan adalah anak-anak berumur 6--12 tahun yang mengikuti SMB dan membutuhkan media pembelajaran simbol-simbol dalam agama Buddha dan target sekunder berumur 18--25 tahun yang ingin memaparkan pembelajaran mengenai simbol-simbol dalam agama Buddha. Metode penelitian mixed-method digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner, focus group discussion (FGD), studi eksisting, dan studi referensi. Proses perancangan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) oleh Luther Sutopo. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuat media pembelajaran mengenai simbol-simbol dalam agama Buddha yang interaktif dan menarik, sehingga target perancangan mendapatkan edukasi dan dapat memperluas pengetahuan mengenai makna dari simbol-simbol dalam agama Buddha. Dengan adanya media pembelajaran berbasis kartu Augmented Reality (AR) ini, diharapkan anak-anak SMB dapat lebih mudah memahami makna simbol- simbol dalam agama Buddha dengan cara yang menyenangkan dan efektif dan mendalami maknanya dalam penerapan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: augmented reality, interaktif, kartu pembelajaran, simbol agama buddha
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:07
Last Modified: 05 Jul 2025 11:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37701

Actions (login required)

View Item View Item