Ananda Prajna, Noval (2025) Implementasi Manajemen Acara dalam Pelatihan Literasi Pemasaran Digital pada Rumah BUMN Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (745kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (810kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (437kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (280kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (175kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM di Indonesia membawa pengaruh yang cukup besar terhadap kemajuan ekonomi nasional dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Masuknya digitalisasi di era industri 4.0 membuat UMKM mengalami kesenjangan digital, yang disebabkan kurangnya pemahaman terkait literasi digital, khusunya pemasaran digital. Fenomena tersebut membuat pemerintah dan perusahaan berinisiatif untuk membuat program guna menjembatani UMKM masuk ke dalam digitalisasi. Oleh karena itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Rumah BUMN Jakarta (BRI) hadir sebagai wadah pusat UMKM Jabodetabek untuk mendorong UMKM ke dalam ekosistem digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen acara dalam pelatihan literasi digital pada Rumah BUMN Jakarta yang sudah menghasilkan pertumbuhan bagi UMKM binaannya. Penelitian ini berjenis kualitatif, dengan metode studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian ini adalah penerapan manajemen acara (Lee & Goldblatt, 2020) oleh Rumah BUMN Jakarta dilaksanakan dengan baik meliputi tahap riset, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi. Setiap tahapan yang dilakukan tidak hanya berfokus pada pengelolaan acara saja, tetapi juga diselaraskan dengan kebutuhan digital UMKM. Sehingga, pelatihan literasi digital oleh Rumah BUMN Jakarta terbukti secara nyata meningkatkan kompetensi digital UMKM. Kesimpulan penelitian ini adalah manajemen acara berperan penting untuk merancang pelatihan yang terstruktur dan membantu mencapai tujuan untuk meningkatkan kompetensi digital UMKM.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Acara, Literasi Pemasaran Digital, UMKM |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:09 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |