Implementasi Manajemen Acara dalam Pelatihan Literasi Pemasaran Digital pada Rumah BUMN Jakarta

Ananda Prajna, Noval (2025) Implementasi Manajemen Acara dalam Pelatihan Literasi Pemasaran Digital pada Rumah BUMN Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (745kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (810kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (437kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (280kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (175kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM di Indonesia membawa pengaruh yang cukup besar terhadap kemajuan ekonomi nasional dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Masuknya digitalisasi di era industri 4.0 membuat UMKM mengalami kesenjangan digital, yang disebabkan kurangnya pemahaman terkait literasi digital, khusunya pemasaran digital. Fenomena tersebut membuat pemerintah dan perusahaan berinisiatif untuk membuat program guna menjembatani UMKM masuk ke dalam digitalisasi. Oleh karena itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Rumah BUMN Jakarta (BRI) hadir sebagai wadah pusat UMKM Jabodetabek untuk mendorong UMKM ke dalam ekosistem digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen acara dalam pelatihan literasi digital pada Rumah BUMN Jakarta yang sudah menghasilkan pertumbuhan bagi UMKM binaannya. Penelitian ini berjenis kualitatif, dengan metode studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian ini adalah penerapan manajemen acara (Lee & Goldblatt, 2020) oleh Rumah BUMN Jakarta dilaksanakan dengan baik meliputi tahap riset, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi. Setiap tahapan yang dilakukan tidak hanya berfokus pada pengelolaan acara saja, tetapi juga diselaraskan dengan kebutuhan digital UMKM. Sehingga, pelatihan literasi digital oleh Rumah BUMN Jakarta terbukti secara nyata meningkatkan kompetensi digital UMKM. Kesimpulan penelitian ini adalah manajemen acara berperan penting untuk merancang pelatihan yang terstruktur dan membantu mencapai tujuan untuk meningkatkan kompetensi digital UMKM.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Manajemen Acara, Literasi Pemasaran Digital, UMKM
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:09
Last Modified: 05 Jul 2025 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37714

Actions (login required)

View Item View Item