Katrina, Olivia (2025) Perancangan Website Penerapan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace) untuk Kemasan Plastik Fan Merchandise. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (735kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (234kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (413kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (203kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Fan merchandise adalah produk merchandise yang dibuat dari, oleh, dan untuk fan. Banyak kreator menggunakan kemasan plastik namun tidak disertai dengan pengelolaan yang efektif sehingga bisa menyebabkan isu lingkungan yang membahayakan masyarakat. Tugas akhir ini bertujuan merancang website penerapan metode 4R (reduce, reuse, recycle, dan replace) sebagai metode pengelolaan kemasan plastik fan merchandise. Media website dipilih agar informasi bisa disajikan secara terstruktur dan menampilkan informasi yang up-to-date. Target audiensnya adalah peminat fan merchandise berumur 18-24 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan peduli dengan isu lingkungan. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah Design Thinking yang terdiri dari lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode penelitian menggunakan mixed method dengan teknik penelitian observasi, wawancara, Focus Group Discussion, kuesioner, studi eksisting, dan studi referensi. Website dirancang untuk mengedukasi target audiens mengenai alternatif penerapan metode 4R untuk kemasan plastik produk fan merchandise, kelebihan dan kekurangan masing- masing alternatif, fitur pencarian, kolom komentar, dan forum diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website penerapan metode 4R bisa membantu peminat fan merchandise dalam memberi informasi dan inspirasi dan mengelola kemasan plastik fan merchandise.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | fan merchandise, metode 4R, website, UI/UX, desain |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:13 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |