Windu Dwiantoro, Agustinus (2025) Pengaruh Yoshua Marcellos sebagai Influencer terhadap Brand Awareness Byon Combat di Instagram pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (393kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (344kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (503kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (212kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan media digital telah mendorong munculnya strategi pemasaran menggunakan influencer marketing yang dinilai efektif dalam membangun brand awareness, terutama di kalangan generasi z. Influencer memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan merek secara lebih personal dan kredibel melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Yoshua Marcellos sebagai influencer terhadap brand awareness Byon Combat di Instagram pada generasi z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 245 responden generasi z yang merupakan pengikut akun Instagram Yoshua Marcellos atau Byon Combat. Penelitian ini menggunakan teori influencer marketing dari Backaler (2018) dengan empat dimensi utama yaitu authenticity, brand fit, community, dan content, serta teori brand awareness dari Keller dan Swaminathan (2019) yang mencakup brand recognition dan brand recall. Hasil uji t menunjukkan bahwa Yoshua Marcellos berpengaruh signifikan terhadap brand awareness dengan nilai t hitung 17,130 > t tabel 1,970 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,547 menunjukkan bahwa 54,7% variasi brand awareness dipengaruhi oleh aktivitas influencer marketing yang dilakukan oleh Yoshua Marcellos. Indikator paling dominan dari variabel influencer marketing adalah reach (74,3%), sedangkan pada variabel brand awareness adalah indirect measures of recognition (68,6%). Temuan ini menunjukkan bahwa Yoshua Marcellos efektif dalam memberi pengaruh terhadap merek Byon Combat di kalangan generasi z.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Digital Marketing, Influencer Marketing, Brand Awareness, Instagram, generasi z. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:15 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:15 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |