Perancangan Borad Game untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak

Karin, Shanika (2025) Perancangan Borad Game untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (333kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (465kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (329kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Keterampilan sosial meliputi kemampuan berkomunikasi, beradaptasi dengan lingkungan, serta memahami perasaan, sikap, dan perilaku, merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh seluruh manusia, termasuk anak-anak. Tetapi nyatanya masih banyak anak yang belum memiliki keterampilan sosial cukup, dikarenakan oleh penggunaan internet dan gadget yang masif, juga terdampak dari adanya pandemi. Padahal keterampilan sosial adalah hal yang krusial untuk dimiliki oleh anak-anak, setara dengan kemampuan akademik dan pengetahuan. Upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial anak harus dilakukan sedini mungkin karena akan lebih sulit dilakukan ketika anak beranjak dewasa. Meskipun begitu, keterampilan sosial bukanlah satu hal yang bisa diajarkan satu kali saja, tetapi harus secara terus-menerus dilatih dan dikembangkan seiring dengan tumbuh kembang anak. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak adalah melalui permainan, dengan sifat natural anak yang lebih menyukai bermain daripada hanya mendengarkan atau membaca. Penelitian mengenai keterampilan sosial anak dilakukan melalui beberapa teknik seperti wawancara, focus group discussion, dan kuesioner. Sedangkan untuk merancang karya board game menggunakan tiga tahapan yaitu conceptualization, prototyping, dan playtesting. Penulis merancang board game kooperatif menggunakan kerja sama dalam kelompok untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 7-11 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Permainan Papan, Kooperatif, Keterampilan Sosial, Anak-anak
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:16
Last Modified: 05 Jul 2025 11:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37746

Actions (login required)

View Item View Item