Felicia, Raquel (2025) Perancangan Website tentang Esensi Kontes Kecantikan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (590kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (130kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (241kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (109kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (4MB) |
Abstract
Kontes kecantikan adalah kompetisi yang memberdayakan pria dan wanita dengan meningkatkan bakat, kecerdasan, dan penampilan mereka. Meski dikenal di Indonesia karena keberhasilan peserta di tingkat internasional, minimnya informasi membuat generasi muda enggan mengeksplorasi manfaatnya, sehingga beresiko menurunnya popularitas kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan mengatasi kesenjangan informasi melalui situs web menggunakan kerangka Design Thinking dari Hasso Plattner, yang mencakup fase empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian. Fase empati dilakukan dengan kuesioner dan wawancara dimana mengungkap kebutuhan konten tentang definisi, tujuan, dan jenis kontes kecantikan. Dalam fase definisi, penulis menghasilkan persona pria dan wanita yang membutuhkan panduan karir di dunia pageant dan informasi untuk meraih kesuksesan. Dalam fase ideasi, penulis mengeksplorasi desain elegan dengan gaya muda melalui tipografi, grafis, dan warna yang ramah pengguna namun mewah. Langkahnya meliputi mind map, stylescape, wireframe, dan penentuan elemen desain seperti fotografi dan ilustrasi. Pada fase prototipe, penulis menghasilkan media berupa situs web, unggahan Instagram, filter, video TikTok, dan iklan. Di fase akhir yang meliputi pengujian alfa dan beta, media-media tersebut dirasa cocok untuk pendatang baru di dunia kontes kecantikan Indonesia oleh target. Evaluasi dari penelitian ini berupa saran penelitian lebih mendalam dan penyempurnaan elemen desain. Proyek ini membuktikan potensi media digital dalam menjembatani kesenjangan informasi dan mendorong partisipasi di kontes kecantikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kontes Kecantikan, Desain Interaktif, Media Informasi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:17 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |