Clara Marie, Regina (2025) Perancangan Board Game Edukatif Mengenai Notasi Balok untuk Piano Klasik Bagi Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (576kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (722kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (562kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (592kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Notasi balok adalah elemen paling mendasar dalam mempelajari musik klasik. Kemahiran dalam membaca notasi balok sangat dibutuhkan untuk dapat membaca partitur dalam pembelajaran piano klasik. Kemampuan membaca notasi balok ini dapat ditingkatkan dengan memahami dan menghafal nama serta posisi notasi balok pada garis paranada. Namun, dalam prosesnya masih banyak anak berusia 8-10 tahun merasa jenuh karena metode pembelajaran yang membosankan tanpa penggunaan media pembelajaran interaktif yang cocok dengan mereka. Kejenuhan ini berujung pada kesulitan dalam membaca notasi balok. Hal ini berpotensi membawa dampak buruk pada keberhasilan pembelajaran anak ke depannya. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif mengenai notasi balok yang dapat mendukung pembelajaran anak dengan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Metodologi Design Thinking oleh Robin Landa dan MDA Framework digunakan untuk merancang media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, focus group discussion (FGD), observasi, kuesioner, studi eksisting, dan studi referensi. Salah satu hambatan yang ditemui dalam pembelajaran notasi balok dan kejenuhannya adalah minimnya media pembelajaran yang dapat menstimulasi proses belajar anak secara menyenangkan. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah board game edukatif untuk menghafal dan mengenali nama dan posisi notasi balok pada garis paranada. Board game ini diharapkan dapat mendorong anak agar lebih antusias terhadap pembelajaran dan membuat proses pembelajaran lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | piano, notasi balok, anak, board game |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:20 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |