Perancangan Board Game mengenai Pencegahan Nomofobia di Jakarta Timur

Laeticia Tarigan, Sarah (2025) Perancangan Board Game mengenai Pencegahan Nomofobia di Jakarta Timur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (201kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nomofobia, yaitu rasa takut atau kecemasan akibat ketidakmampuan dalam menggunakan smartphone, sering terjadi di kalangan remaja dengan akses internet. Menurut penelitian yang dilakukan di Jakarta Timur, mayoritas remaja menunjukkan tingkat ketergantungan tinggi yang berdampak negatif pada hubungan sosial, fisik, psikologis, dan kognitif mereka. Saat ini, belum ada media informasi mengenai pencegahan nomofobia yang dirancang dengan pendekatan interaksi tatap muka dengan target audiens remaja. Oleh karena itu, dirancang media informasi melalui board game untuk mencegah nomofobia di kalangan remaja. Board game dipilih karena kemampuannya dalam meningkatkan interaksi sosial dan kolaborasi tatap muka secara positif. Permainan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi pencegahan nomofobia secara menarik dan mudah dipahami, mendukung interaksi sosial, serta mampu mengurangi ketergantungan digital. Metode perancangan yang digunakan adalah How to Learn Board Game Design and Development, yang mencakup tahap Idea, Content Development, Prototype, dan Playtest. Berdasarkan hasil beta test dari perancangan board game, umpan balik dari para pemain menunjukkan kepuasan yang tinggi terhadap penyampaian informasi dan mekanisme permainan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu remaja memahami strategi pencegahan nomofobia melalui pengalaman bermain yang menyenangkan dengan mendorong interaksi sosial dan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: nomofobia, pencegahan, remaja, board game, interaksi sosial
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:20
Last Modified: 05 Jul 2025 11:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37765

Actions (login required)

View Item View Item