Perancangan Kampanye Sosial Interaktif mengenai Cyberslacking pada Mahasiswa

Chyntia, Chyntia (2025) Perancangan Kampanye Sosial Interaktif mengenai Cyberslacking pada Mahasiswa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (266kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (881kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (347kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (247kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ketergantungan dengan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari menyebabkan peluangnya terjadi fenomena yang dipanggil sebagai cyberslacking. Kegiatan pengaksesan internet untuk kebutuhan pribadi pertama kali muncul dilingkungan kerja, namun fenomena tersebut juga terjadi di lingkungan pendidikan khususnya pada mahasiswa. Faktor penyebab mahasiswa melakukan cyberslacking terdiri atas faktor pribadi, organisasi, dan lingkungan. Walau cyberslacking skala kecil memberikan dampak positif, jika dilakukan secara berlebihan akan memberi dampak buruk dalam aspek akademis dan sosial. Tidak hanya itu, cyberslacking merupakan perilaku yang kontraproduktif dan tidak beretika. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini untuk merancang sebuah media persuasi dalam upaya minimalisasi perilaku cyberslacking pada lingkungan akademis. Menggunakan metode perancangan design thinking, perancangan media persuasi berupa kampanye sosial dilakukan dengan lima tahap bermula dengan emphatise, define, ideate, prototype, dan test. Di tahap emphatise, dilakukannya pengumpulan data terhadap mahasiswa dan tenaga pendidik untuk mendapatkan perspektif dari kedua pihak. Menganalisis data pada tahap define dan mengumpulkan ide-ide untuk perancangan. Perancangan dilakukan pada tahap prototype, kemudian hasil desain diuji coba dengan alpha test pada tahap test dan kemudian dilanjutkan dengan beta test.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye sosial, Cyberslacking, Design Thinking
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:21
Last Modified: 05 Jul 2025 11:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37772

Actions (login required)

View Item View Item