Perancangan Tokoh 3D Subby dan Sally untuk Animasi E-Learning "MNS: Belajar Bersama Subby"

Edbert, Davin (2025) Perancangan Tokoh 3D Subby dan Sally untuk Animasi E-Learning "MNS: Belajar Bersama Subby". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (887kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (291kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (601kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (172MB)

Abstract

Desain tokoh merupakan elemen krusial dalam pembuatan karya animasi, khususnya yang memiliki tujuan edukatif. Penelitian akan membahas mengenai perancangan tokoh Subby dan Sally dalam film hybrid "MNS: Belajar bersama Subby" yang menggabungkan animasi 3D serta live-action untuk menyampaikan pesan mengenai kepedulian terhadap lingkungan bawah laut. Perancangan tokoh mengacu pada teori three-dimensional character dan teori bentuk menurut Bryan Tillman (2019), konsep antropomorfisme menurut Edwards dan Shafer (2022), serta teori warna Johannes Itten dalam Miketi et al. (2023). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan data diperoleh melalui studi literatur dan observasi referensi visual, termasuk analisis tokoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan tokoh memerlukan pertimbangan mendalam terhadap elemen desain seperti bentuk, warna, serta karakterisasi. Karakterisasi mencakup aspek internal (sifat, tujuan, emosi, dan kedalaman tokoh) serta aspek eksternal (tampilan fisik tokoh). Aspek-aspek tersebut berperan penting dalam menentukan kualitas dan daya tarik tokoh yang dirancang. Hasil akhir skripsi berupa rancangan dua tokoh dengan karakteristik fisik dan emosional yang terdefinisi dengan baik. Keduanya memiliki tampilan visual yang sederhana namun efektif dalam menampilkan kesan riang dan penuh rasa ingin tahu, sesuai dengan tujuan edukatif film.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Desain Tokoh 3D, Blender 3D, Film Hybrid,
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:23
Last Modified: 05 Jul 2025 11:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37781

Actions (login required)

View Item View Item