Identifikasi Faktor-Faktor Penentu Niat Beli Konsumen pada Produk Sustainable Fashion pada Brand Sare Studio

Vincensius, Jastin (2025) Identifikasi Faktor-Faktor Penentu Niat Beli Konsumen pada Produk Sustainable Fashion pada Brand Sare Studio. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (616kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (483kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (768kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (319kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pertumbuhan industri fashion global yang pesat turut menyumbang kerusakan lingkungan, mulai dari limbah tekstil hingga emisi mikroplastik. Di Indonesia, kondisi ini mendorong munculnya konsep fashion berkelanjutan, termasuk merek lokal seperti Sare Studio yang menggunakan bahan alami dan proses produksi yang ramah lingkungan. Namun, meskipun telah dikenal sebagai merek berkelanjutan, banyak konsumen yang belum memiliki niat beli yang tinggi terhadap produk ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention (niat beli) konsumen terhadap produk dari Sare Studio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian konklusif tipe deskriptif, serta pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Variabel yang diuji dalam penelitian ini meliputi Green Perceived Value, Green Perceived Quality, Perceived Price, Social Influence, Product Design, Environmental Concern, Environmental Knowledge, serta Product Attitude. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar variabel tersebut berpengaruh positif terhadap Product Attitude, dan Product Attitude secara signifikan mempengaruhi Purchase Intention. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sikap konsumen terhadap produk memainkan peran penting dalam meningkatkan niat beli terhadap produk fashion berkelanjutan. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi merek seperti Sare Studio dalam menyusun pendekatan edukatif dan komunikatif untuk meningkatkan kesadaran serta ketertarikan konsumen terhadap produk yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Green Perceived Value, Niat Beli, Sare Studio, Sikap terhadap Produk, Sustainable Fashion.
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:26
Last Modified: 05 Jul 2025 11:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37797

Actions (login required)

View Item View Item