Wibowo, Alpin (2025) Pengaruh E-Service Quality terhadap Continuous Usage Intention melalui Customer Satisfaction dan E-Trust pada E-Commerce Zalora. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (494kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (336kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality, customer satisfaction, dan e-trust terhadap continuous usage intention dalam e-commerce Zalora. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh menurunnya jumlah kunjungan dan unduhan aplikasi Zalora, meskipun kategori fashion merupakan produk yang paling banyak dibeli melalui e-commerce di Indonesia. Kondisi ini menunjukkan pentingnya memahami bagaimana kualitas layanan, kepuasan, dan kepercayaan pengguna dapat mempengaruhi keinginan mereka untuk terus menggunakan platform tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Data dikumpulkan melalui survei online menggunakan kuesioner kepada 80 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh positif signifikan terhadap customer satisfaction dan e-trust. Selanjutnya, customer satisfaction dan e-trust juga berpengaruh positif signifikan terhadap continuous usage intention. Penelitian ini juga menemukan bahwa customer satisfaction dan e-trust memediasi pengaruh e-service quality terhadap continuous usage intention, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menyimpulkan bahwa kepuasan dan kepercayaan pengguna merupakan elemen penting dalam menjembatani kualitas layanan dengan niat penggunaan berkelanjutan. Implikasi praktis dari temuan ini menunjukkan bahwa Zalora perlu meningkatkan kualitas layanan dan membangun kepercayaan pengguna untuk mendorong nian penggunaan berkelanjutan secara konsisten.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | e-service quality, customer satisfaction, e-trust, continuous usage intention, Zalora |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:31 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |