Perancangan Pop-up Book Mengenai Bangun Ruang untuk Siswa/i Tingkat Sekolah Dasar

Vianita Yanli, Abigail (2025) Perancangan Pop-up Book Mengenai Bangun Ruang untuk Siswa/i Tingkat Sekolah Dasar. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (661kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (897kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (665kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan serta dapat melatih peserta didik untuk berpikir kritis. Salah satu materi dalam matematika adalah bangun ruang, yang dipelajari saat kelas 5 SD. Bangun ruang menjadi salah satu materi yang menimbulkan miskonsepsi penggunaan rumus bagi siswa serta sulit diajarkan oleh pengajar. Padahal, dengan memahami materi bangun ruang, dapat melatih kecerdasan visual- spasial yang dapat melatih otak untuk berpikir kritis, mandiri, kreatif serta bermanfaat bagi jenjang karir di masa depan. Dengan kata lain, perlu adanya solusi media yang mampu membantu peserta didik dalam memahami materi, memecahkan masalah, serta mempermudah proses pembelajaran terkait bangun ruang. Penulis menggunakan metode perancangan yang dicetuskan oleh Haslam pada tahun 2006, diantaranya adalah documentation, analysis, expression, dan concept. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis terbagi menjadi dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif, di mana proses pengumpulan data dilakukan di SDN 2 Way Halim, Bandar Lampung. Metode kualitatif yang digunakan adalah wawancara bersama guru dan illustrator buku anak, observasi di kelas 5A, serta FGD (Focus Group Discussion) bersama dengan 7 siswa/i kelas 5A. Sedangkan, metode kuantitatif yang digunakan adalah penyebaran lembar kertas kuesioner kepada siswa/i kelas 5A. Hasil pengumpulan data menyatakan bahwa siswa/i cenderung kurang memahami penggunaan rumus pada bangun ruang karena pemaparan materi bersifat maya, yakni melalui video pembelajaran. Guru menyatakan bahwa pemaparan materi yang bersifat nyata disertai dengan kuis yang berhubungan dengan materi akan lebih efektif dan tidak membuat siswa/i merasa jenuh dengan pembelajaran materi bangun ruang. Ahli menyatakan bahwa eksekusi media dapat menggunakan storytelling guna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa/i dalam mempelajari materi bangun ruang. Dengan kata lain, diharapkan perancangan buku pop-up dapat membantu meningkatkan minat dan motivasi siswa/i kelas 5A dalam mempelajari materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: bangun ruang, pop-up book, kelas 5 SD
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 11:01
Last Modified: 06 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37842

Actions (login required)

View Item View Item