Pengaruh Green Brand Positioning dan Green Customer Value terhadap Green Purchase Intention dengan Peran Mediasi Attitude Towards Green Brand: Studi pada Pengikut Akun Instagram @bsdcity_official

Natalia, Cheryl (2025) Pengaruh Green Brand Positioning dan Green Customer Value terhadap Green Purchase Intention dengan Peran Mediasi Attitude Towards Green Brand: Studi pada Pengikut Akun Instagram @bsdcity_official. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (445kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (562kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (532kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (282kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kepedulian dalam menjaga lingkungan dan perkembangan gaya hidup keberlanjutan di tengah masyarakat memicu meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk ramah lingkungan. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk menunjukkan komitmen pada keberlanjutan melalui strategi komunikasi guna menarik perhatian dan ketertarikan konsumen. Namun, praktik komunikasi hijau perusahaan bisa dilakukan dengan tidak benar seperti fenomena greenwashing yang menimbulkan skeptisisme konsumen terhadap merek dan membuat komunikasi hijau yang dilakukan perusahaan tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh green brand positioning yang dikomunikasikan melalui konten pada akun Instagram @bsdcity_official dan green customer value sebagai nilai hijau yang dipersepsikan konsumen terhadap green purchase intention dengan attitude towards green brand sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif dan mengumpulkan data dengan kuesioner online dengan teknik purposive sampling kepada pengikut akun Instagram @bsdcity_official sebagai populasi penelitian serta mendapat 437 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan partial least square structural equation model (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dan positif green brand positioning dan green customer value terhadap attitude towards green brand. Green brand positioning, green customer value, dan attitude towards green brand juga berpengaruh pada green purchase intention secara signifikan dan positif. Penelitian ini juga menemukan adanya peran mediasi parsial attitude towards green brand dalam pengaruh green brand positioning dan green customer value terhadap green purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: green brand positioning, green customer value, green purchase intention, attitude towards green brand, BSD City
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 11:08
Last Modified: 06 Jul 2025 11:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37876

Actions (login required)

View Item View Item