Amelia Putri, Cindy (2025) Perancangan Board Game mengenai Tradisi Perang Ketupat di Desa Tempilang bagi Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (89kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (577kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (101kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (86kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (15MB) |
Abstract
Tradisi Perang Ketupat merupakan tradisi yang telah dilakukan sejak tahun 1800 oleh penduduk di Desa Tempilang, Bangka Belitung. Tradisi ini dilakukan atas dasar kegembiraan dan dipercaya dapat membawa kebahagiaan bagi seluruh golongan masyarakat. Saat ini, para remaja yang berasal dari Pulau Bangka, khususnya Kota Pangkalpinang, banyak yang belum mengetahui keberadaan tradisi Perang Ketupat. Berdasarkan pra-kuesioner yang dilakukan, 8 dari 10 remaja yang berasal dari Kota Pangkalpinang tidak mengetahui adanya tradisi tersebut. Tradisi Perang Ketupat ini perlu diperkenalkan kepada mereka agar nilai-nilai budaya dapat dipertahankan. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan media interaktif berupa board game untuk memperkenalkan tradisi Perang Ketupat kepada mereka. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan game oleh Tracy Fullerton dalam bukunya yang berjudul Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan Creswell & Creswell yang berupa observasi, wawancara, FGD, dan kuesioner, serta dilengkapi dengan studi eksisting dan studi referensi. Setelah perancangan dilakukan, board game divalidasi dengan melakukan user test ke target audiens, yang merupakan para remaja asal Kota Pangkalpinang. Hasil yang diperoleh dari user test tersebut menyatakan bahwa perancangan board game ini dapat membantu mengenalkan tradisi Perang Ketupat ke target audiens.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Perang Ketupat, Remaja, Board Game |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 11:08 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |