Rachelle Lim, Deborah (2025) Analisis Gameplay pada Card Game Belajar Membaca dengan Metode Fonik untuk Pembaca Awal di Jakarta. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (440kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (478kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (511kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (338kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Membaca adalah keterampilan penting dalam pendidikan dan kehidupan. Namun, menurut data PISA 2022, skor literasi membaca Indonesia turun menjadi 359 poin, dimana hal tersebut masih di bawah rata-rata global. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gameplay permainan kartu berbasis metode fonik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 7-9 tahun. Teori utama yang digunakan adalah teori flow dari Mihaly Csikszentmihalyi, yang menjelaskan alur gameplay pada sebuah card game dapat meningkatkan pengalaman belajar anak secara mendalam. Metode penelitian meliputi studi literatur, studi eksisting, wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD), dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar membaca melalui permainan kartu interaktif mengalami peningkatan minat membaca dibandingkan dengan metode konvensional. Oleh sebab itu, belajar membaca dengan metode fonik dengan media card game dapat menjadi strategi inovatif dalam meningkatkan literasi membaca anak usia dini. Dukungan dari berbagai pihak diperlukan agar metode ini dapat diterapkan secara luas guna mengatasi kualitas literasi di Indonesia.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Card game, belajar membaca, fonik |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 13:10 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 13:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |