Analisis Gameplay pada Card Game Belajar Membaca dengan Metode Fonik untuk Pembaca Awal di Jakarta

Rachelle Lim, Deborah (2025) Analisis Gameplay pada Card Game Belajar Membaca dengan Metode Fonik untuk Pembaca Awal di Jakarta. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (440kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (478kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (511kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (338kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Membaca adalah keterampilan penting dalam pendidikan dan kehidupan. Namun, menurut data PISA 2022, skor literasi membaca Indonesia turun menjadi 359 poin, dimana hal tersebut masih di bawah rata-rata global. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gameplay permainan kartu berbasis metode fonik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 7-9 tahun. Teori utama yang digunakan adalah teori flow dari Mihaly Csikszentmihalyi, yang menjelaskan alur gameplay pada sebuah card game dapat meningkatkan pengalaman belajar anak secara mendalam. Metode penelitian meliputi studi literatur, studi eksisting, wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD), dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar membaca melalui permainan kartu interaktif mengalami peningkatan minat membaca dibandingkan dengan metode konvensional. Oleh sebab itu, belajar membaca dengan metode fonik dengan media card game dapat menjadi strategi inovatif dalam meningkatkan literasi membaca anak usia dini. Dukungan dari berbagai pihak diperlukan agar metode ini dapat diterapkan secara luas guna mengatasi kualitas literasi di Indonesia.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Card game, belajar membaca, fonik
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 13:10
Last Modified: 06 Jul 2025 13:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37945

Actions (login required)

View Item View Item