Melinda Giovanni, Josephine (2025) Strategi Nostalgia Marketing di Media Sosial Instagram dalam Promosi Film Petualangan Sherina 2 (2023). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (374kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (632kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (250kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Industri film Indonesia mengalami pertumbuhan yang ditandai dengan meningkatnya jumlah penonton film lokal. Peningkatan ini tidak lepas dari peran pemasaran sebagai aspek penting dalam produksi film. Salah satu strategi yang digunakan adalah nostalgia marketing, yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Secara khusus, penelitian ini mengkaji strategi nostalgia marketing dalam promosi film Petualangan Sherina 2 (2023) melalui akun Instagram @filmpetualangansherina. Penelitian ini menggunakan tiga kerangka teori utama: film marketing mix, strategi promosi melalui media sosial, dan nostalgia marketing. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis konten berdasarkan model Krippendorff. Analisis difokuskan pada 26 konten video berdurasi di bawah 60 detik yang menampilkan aktor utama dari film pertama (Petualangan Sherina, 2000) serta memuat elemen nostalgia. Hasil penelitian menemukan enam strategi utama: (1) penggunaan figur dan relasi tokoh utama untuk membangkitkan nostalgia, (2) transformasi arsip lama ke format kekinian, (3) interaksi dan refleksi melalui caption, (4) pengaitan nostalgia dengan penyampaian informasi dan waktu khusus, (5) visualisasi ulang momen ikonik, dan (6) penggunaan lagu, dialog, dan simbol sebagai arsip emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nostalgia marketing bukan sekadar menghadirkan masa lalu, tetapi bagaimana elemen nostalgia dikemas ulang agar relevan secara emosional dan kontekstual dengan audiens masa kini. Temuan ini dapat menjadi acuan untuk strategi promosi film produk nostalgia, baik film sekuel lainnya maupun film dengan latar dan elemen masa lalu.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | promosi film, nostalgia marketing, media sosial, Instagram, Petualangan Sherina 2 |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 13:17 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 13:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |