Perancangan Card Game sebagai Sarana Pembelajaran Aritmatika Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 2

Angela Lesmana, Theresia (2025) Perancangan Card Game sebagai Sarana Pembelajaran Aritmatika Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 2. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (394kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Matematika merupakan sebuah ilmu yang memiliki peran yang penting untuk dipelajari oleh semua orang sejak dini. Pelajaran Matematika bertujuan untuk melatih pola pikir anak agar mampu memecahkan masalah baik dalam bidang Matematika atau dalam kehidupan sehari-hari. Aritmatika merupakan ilmu Matematika yang mempelajari tentang operasi dasar bilangan, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Saat ini kualitas pendidikan Matematika di Indonesia masih kurang baik karena masih memiliki nilai literasi dan numerasi yang rendah secara nasional. Selain itu, pembelajaran Matematika yang tidak mengikutsertakan siswa untuk aktif berinteraksi dapat membuat murid merasa bosan. Maka, tujuan perancangan ini adalah merancang card game sebagai sarana pembelajaran aritmatika dasar untuk meningkatkan minat belajar dengan membuat proses belajar murid kelas 2 SD menjadi lebih menarik dan interaktif. Perancangan menggunakan metode Human Centered Design oleh IDEO karena melakukan pendekatan kepada target perancangan secara langsung. Pengambilan data menggunakan mix methods seperti observasi, kuesioner, dan wawancara untuk menambah wawasan mengenai situasi pendidikan Matematika di jenjang SD. Observasi memperoleh hasil bahwa siswa kelas 2 SD memiliki attention span yang pendek dan cenderung sibuk sendiri saat guru menjelaskan materi. Selain itu, kuesioner memperoleh hasil bahwa murid kelas 2 SD mayoritas kurang suka pelajaran Matematika dan memiliki kesulitan-kesulitan seperti kesulitan fokus, memahami penjelasan guru, dan menghitung dalam materi aritmatika dasar. Kemudian, wawancara memperoleh hasil bahwa metode mengajar masih konvensional dan siswa kelas 2 SD masih memiliki kesulitan di dalam materi aritmatika dasar. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 2 SD masih memiliki berbagai kesulitan dalam materi aritmatika dasar dari segi pemahaman materi dan kemampuan konsentrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aritmatika Dasar, Card Game, Minat Belajar
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2025 11:02
Last Modified: 07 Jul 2025 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38391

Actions (login required)

View Item View Item