Nicoldea Gunawan, Hizkiana (2025) Perancangan Buku Interaktif mengenani Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Merajut. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (275kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (418kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (305kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Dalam era digital, aktivitas fisik dan kreativitas anak mengalami penurunan akibat tingginya konsumsi teknologi, yang berkontribusi pada berkurangnya fokus dan keterampilan kreativitas anak usia 8-12 tahun. Salah satu aktivitas yang terbukti memiliki manfaat dalam menstimulasi kreativitas, kognitif, dan emosional adalah merajut. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan koordinasi tangan dan mata, tetapi juga memberikan peningkatan fokus dan meningkatkan konsentrasi anak. Namun, masih minimnya pemahaman mengenai manfaat merajut dalam perkembangan anak serta kurangnya media informasi interaktif yang membahas topik ini menjadi tantangan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk merancang buku interaktif yang memberikan edukasi mengenai manfaat merajut dalam pengembangan kreativitas anak. Buku ini ditujukan untuk anak usia 8-12 tahun serta orang tua anak di wilayah Jabodetabek. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan media edukasi interaktif lainnya serta berkontribusi dalam bidang Desain Komunikasi Visual. Perancangan menggunakan metode A Picture Book Primer: Understanding and Using Picture Book oleh Denise I. Matulka karena pendekatan dari metode tersebut berfokus dalam perancangan buku cerita bergambar untuk anak-anak. Tahap-tahapan yang dilakukan dalam metode perancangan yang dilakukan yaitu, creation, acquisitions, planning and design, production, dan marketing. Dalam melakukan penelitian pengambilan data, metode yang dipilih adalah menggunakan mix methods seperti observasi, wawancara, kuesioner, dan focus group discussion. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa aktivitas merajut efektif dalam meningkatkan kreativitas anak. Anak mampu mengikuti instruksi, mengekspresikan imajinasi, dan menunjukkan peningkatan fokus serta ketertarikan. Buku interaktif yang dirancang dinilai menarik secara visual, informatif, dan interaktif, sehingga mendukung pembelajaran merajut secara menyenangkan dan edukatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Merajut, Kreativitas, Buku Interaktif |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 11:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 11:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |