Perancangan Kampanye Sosial Tentang Tidur Cukup bagi Kalangan Usia Dewasa

Hogan, Valencia (2025) Perancangan Kampanye Sosial Tentang Tidur Cukup bagi Kalangan Usia Dewasa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (396kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (510kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (175kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (108kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (10MB)

Abstract

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa 67,8% kelompok usia 35-40 tahun tidur di bawah durasi yang direkomendasikan, yaitu 7- 8 jam per hari. Bahkan sebanyak 57,9% menyatakan bahwa jumlah jam tidur tersebut dilakukan karena sudah terbiasa. Kurangnya tidur berisiko menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan gangguan kesehatan kronis lainnya. Meski informasi mengenai bahaya kurang tidur sudah banyak disebarkan melalui media sosial oleh dokter dan influencer, kesadaran akan pentingnya tidur cukup masih rendah di kalangan usia 35-40 tahun. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kesadaran kalangan usia 35-40 tahun mengenai pentingnya tidur yang cukup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan action research, model komunikasi AISAS dan metode perancangan Five-Phases of Design Process oleh Robin Landa, yaitu orientation, analysis, conception, design, dan implementation untuk menyampaikan pesan persuasif secara efektif. Perancangan kampanye ini dibuat pada media sosial sebagai media utama dan berbagai media lainnya sebagai media sekunder untuk mendukung perancangan kampanye ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan warna, visual, dan pesan yang terlihat menakutkan dapat dengan efektif untuk menarik perhatian dan mengubah perilaku kebiasaan tidur yang kurang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Sosial, Tidur, Dewasa.
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2025 11:12
Last Modified: 07 Jul 2025 11:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38441

Actions (login required)

View Item View Item