Florencia, Briana (2025) Perancangan Card Game sebagai Media Edukasi Mengenai Perilaku Berbohong untuk Anak Sekolah Dasar. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (861kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (236kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (387kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (234kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (162kB) |
Abstract
Perilaku berbohong definisi dari tindakan yang dilakukan seseorang untuk mengatakan suatu hal yang tidak sesuai dengan kebenarannya, yang berpeluang untuk dilakukan oleh segala usia termasuk pada usia anak-anak, kemampuan seorang anak untuk berbohong dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga dan sekolah sebagai lingkungan terdekat seorang anak, penulis mendapati beberapa fenomena kasus serius yang terjadi dan disebabkan oleh perilaku berbohong seorang anak, dan maraknya tindakan kriminal di Indonesia yang tidak kian membaik menandakan bahwa Pendidikan karakter moral kejujuran di Indonesia yang masih belum berhasil, dibuktikan melalui persentase corruption index Indonesia yang tidak membaik hingga tahun 2024, secara Kesimpulan didapati masalah sosial berupa keterbatasan pengetahuan anak usia 7-9 tahun mengenai perilaku berbohong dan dampak yang di timbulkan yang juga dikaitkan dengan masalah desain minimnya jenis card game yang menekankan tema atau edukasi mengenai perilaku berbohong. Terdapat beberapa media yang dapat digunakan untuk mengedukasi anak mengenai penumbuhan karakter kejujuran, namun karena usia anak cenderung rawan terdistraksi, fenomena tersebut menjadi tantangan dan motivasi penulis untuk melakukan perancangan sebuah media edukasi yang menyenangkan dan berfokus untuk mengedukasi anak-anak, maka dari itu perancangan tugas akhir dengan judul perancangan card game sebagai Upaya menumbuhkan karakter kejujuran anak sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Berbohong, Anak, Karakter, Card Game |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 11:02 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 11:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |