Perancangan Aplikasi Seluler Tentang Literasi Gizi pada Kemasan Makanan dan Minuman Instan

Priscilla Hutanoto, Naomi (2025) Perancangan Aplikasi Seluler Tentang Literasi Gizi pada Kemasan Makanan dan Minuman Instan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (860kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (784kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (734kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Literasi gizi merupakan kemampuan untuk memahami kebutuhan gizi harian. Dengan adanya literasi gizi, maka masyarakat dapat memenuhi gizi harian dengan mengonsumsi makanan. Walaupun literasi gizi sangat penting dipahami masyarakat, tetapi nyatanya tidak semua orang mengetahui tentang literasi gizi ini dan tidak paham dengan informasi nilai gizi pada kemasan pangan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan masyarakat untuk membaca informasi nilai gizi agar menjaga asupan nutrisi mereka. Kemenkes juga membuat beberapa media untuk membantu masyarakat dalam pemahaman tabel gizi. Namun, masyarakat merasa kesulitan untuk memahami tabel gizi karena informasinya terlalu banyak dan bahasa yang digunakan kurang didengar masyarakat umum. Jika masyarakat tidak mengerti informasi nilai gizi, maka akan meningkatkan risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti diabetes melitus 2, obesitas, dan hipertensi. Penyakit Tidak Menular ini akan menyebabkan masalah yang lebih serius di masa depan. Aplikasi seluler ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam mengerti informasi nilai gizi pada kemasan. Tugas akhir ini dirancang dengan metode Design thinking, yang dikembangkan oleh Tim Brown. Perancangan ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, kuesioner, focus group discussion, observasi, studi eksisiting, dan studi referensi. Perancangan ini menghasilkan aplikasi Nutriku yang memiliki informasi seputar nutrisi, gizi pada kemasan produk, dan kegiatan kebugaran. Nutriku mempunyai fitur scan kemasan produk dan perbandingan gizi dengan dua produk.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Literasi Gizi, Aplikasi Seluler, Label Gizi
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Jul 2025 11:02
Last Modified: 09 Jul 2025 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38472

Actions (login required)

View Item View Item