Rancang Bangun Materi Ajar Berbasis Game untuk Pembelajaran Interaktif Siswa SMP di PT Digikidz Indonesia

Himawan, Daniel (2025) Rancang Bangun Materi Ajar Berbasis Game untuk Pembelajaran Interaktif Siswa SMP di PT Digikidz Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (295kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Materi ajar merupakan konten pembelajaran yang disusun untuk membantu siswa dalam memahami materi serta mencapai tujuan pembelajaran. Keberadaan materi ajar yang relevan dan menarik dianggap penting dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah Game Based Learning (GBL), yaitu metode yang mengintegrasikan unsur permainan dalam proses pembelajaran agar tercipta pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan magang ini dilaksanakan di PT DIGIKIDZ INDONESIA, di mana beberapa proyek pengembangan materi ajar berbasis GBL telah dikerjakan untuk berbagai jenjang pendidikan. Namun, dalam laporan ini, pembahasan difokuskan pada perancangan dan pengembangan materi ajar berupa game edukatif bergenre RPG (Role-Playing Game) untuk jenjang SMP. Dalam proses pengembangannya, prinsip-prinsip GBL telah diimplementasikan, seperti perumusan tujuan pembelajaran yang jelas serta pemberian umpan balik secara interaktif guna mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Berdasarkan hasil pelaksanaan magang, game edukatif berhasil dikembangkan dan diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif. Kegiatan ini memberikan pengalaman praktis dalam mengaplikasikan konsep GBL dalam pengembangan konten edukatif serta memperluas pemahaman mengenai proses produksi materi ajar digital di lingkungan industri kreatif pendidikan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Game Based Learning (GBL), Game Edukatif, Materi Ajar, Pembelajaran Interaktif, RPG (Role-Playing Game)
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Jul 2025 13:10
Last Modified: 09 Jul 2025 13:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38530

Actions (login required)

View Item View Item