Natalie Pualani, Felisha (2025) Peracangan Aset Desain dan Ilustrasi Aplikasi Weesata untuk PT WeTravel Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (979kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (340kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (684kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (7MB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Industri pariwisata merupakan salah satu bidang yang paling banyak diminati dan terus meningkat setiap tahunnya, khususnya di Indonesia. Untuk mendapatkan pengalaman yang baik saat liburan, diperlukan perencanaan terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat tujuan. Namun, dibalik maraknya tren wisata dan hang out di kalangan anak muda bersama teman-temannya, terdapat banyak permasalahan yang menghambat masyarakat saat melakukan perencanaan perjalanan, seperti barang tertinggal, kesulitan dalam menyusun rencana, kesulitan penganggaran, dan sebagainya. Oleh karena itu, penulis bersama tim WeTravel Indonesia menghadirkan aplikasi itinerary planner yaitu Weesata, yang berfungsi sebagai asisten travel pribadi yang membantu pengguna dalam mengatasi berbagai masalah perencanaan perjalanan dengan menyediakan fitur-fitur yang mempermudah pengguna dalam mempersiapkan diri sebelum berlibur. Dalam merancang aplikasi ini, penulis dan tim melakukan penelitian dan riset pengumpulan data mengenai target pasar guna menentukan strategi yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif berupa FGD dan kuantitatif berupa kuesioner. Dari hasil pendekatan tersebut, didapatkan informasi mengenai target pasar yang kemudian diolah untuk menjadi acuan dalam membuat perancangan aplikasi Weesata berbasis UI/UX dengan fitur utama yaitu itinerary planner, smart budgeting, smart listing, dan transportation, accomodation, dan live chat dimana penulis berperan sebagai graphic designer untuk membuat aset desain serta ilustrasi yang mendeskripsikan setiap fitur dalam aplikasi Weesata. Teori yang digunakan dalam perancangan ini adalah Design Thinking dari Robin Landa, untuk menciptakan aset desain serta ilustrasi yang akan digunakan dalam antarmuka aplikasi dan media promosi. Dengan perancangan ini, diharapkan masalah yang dihadapi oleh pengguna dapat teratasi sehingga dapat menikmati liburan dengan nyaman dan aman.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Pariwisata, Perencanaan, Layanan, Perjalanan, Aplikasi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 13:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 13:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |