Viola, Tantriyana (2025) Perancangan Brand Identity untuk Aplikasi Book Wrm. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (388kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (746kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (35MB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (36MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Meningkatnya tren kegemaran dan minat membaca di Indonesia menjadi peluang besar dalam proses pengembangan diri terutama bagi generasi muda. Dengan meningkatnya minat baca dan keterlibatan komunitas pembaca melalui platform digital, maka kebutuhan terhadap buku berkualitas pun semakin bertambah. Namun keterbatasan akses terhadap bahan bacaan seperti harga yang mahal, sulitnya akses ke perpustakaan, dan distribusi yang tidak merata. Kondisi tersebut kemudian mendorong maraknya pembajakan buku yang merugikan penulis dan industri penerbitan secara keseluruhan. Menanggapi fenomena ini, penulis melihat peluang untuk mengusulkan solusi inovatif yaitu sebuah platform digital yang dapat menyediakan akses buku original berkualitas. Adapun metode yang digunakan dalam perancangan bisnis aplikasi adalah metode Design Thinking oleh Tim Brown, yang berfokus pada pemecahan masalah berdasarkan kebutuhan pengguna dan metode Alina Wheeler sebagai acuan dalam perancangan brand identity. Sementara pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, FGD, dan kuesioner untuk memahami preferensi pengguna khususnya Gen Z dalam membaca buku. Platform aplikasi Book Wrm ini diharapkan dapat mengatasi keterbatasan akses tersebut dengan menyediakan layanan jual beli serta penyewaan buku bacaan yang lebih terjangkau. Book Wrm juga dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan lain para pembaca, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi penyedia buku, tetapi juga sebagai platform yang mendukung setiap pengalaman membaca mereka.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Buku, Minat Baca, Generasi Z, Aplikasi Digital, Brand Identity |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 13:25 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 13:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |