Aaron Darmawan, Clifford (2025) Proses Brainstorm dan Kreativitas dalam Sistem Sosial Agensi Periklanan di Era Artificial Intelligence. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya kompleksitas komunikasi dalam industri periklanan yang mendorong agensi untuk mengadopsi teknologi, salah satunya adalah Artificial Intelligence (AI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana proses brainstorming dan dinamika komunikasi yang berlangsung dalam sistem sosial agensi periklanan Flock-Finch Agency, khususnya dalam kaitannya dengan penggunaan AI dan reproduksi kreativitas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Sistem Sosial dari Niklas Luhmann dan Sistem Model Kreativitas dari Mihaly Csikszentmihalyi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pendekatan konstruktivis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agensi periklanan, seperti Flock-Finch Agency, dapat beroperasi sebagai sistem sosial yang otonom dan tertutup secara operasional, di mana AI tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga menjadi bagian dari sistem Flock-Finch Agenc. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa AI dalam sistem sosial agensi berperan sebagai stimulus dalam reproduksi komunikasi juga proses brainstorm, dan kreativitas tidak lagi bergantung pada individu, melainkan merupakan hasil dari proses sosial yang berlangsung secara sistemik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Aaron Darmawan, Clifford (00000053790) |
Contributors: | Hary Perdana, Inco |
Keywords: | sistem sosial, agensi periklanan, Artificial Intelligence (AI), kreativitas, brainstorm |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 11:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |