Proses Brainstorm dan Kreativitas dalam Sistem Sosial Agensi Periklanan di Era Artificial Intelligence

Aaron Darmawan, Clifford (2025) Proses Brainstorm dan Kreativitas dalam Sistem Sosial Agensi Periklanan di Era Artificial Intelligence. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (390kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (396kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (257kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya kompleksitas komunikasi dalam industri periklanan yang mendorong agensi untuk mengadopsi teknologi, salah satunya adalah Artificial Intelligence (AI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana proses brainstorming dan dinamika komunikasi yang berlangsung dalam sistem sosial agensi periklanan Flock-Finch Agency, khususnya dalam kaitannya dengan penggunaan AI dan reproduksi kreativitas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Sistem Sosial dari Niklas Luhmann dan Sistem Model Kreativitas dari Mihaly Csikszentmihalyi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pendekatan konstruktivis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agensi periklanan, seperti Flock-Finch Agency, dapat beroperasi sebagai sistem sosial yang otonom dan tertutup secara operasional, di mana AI tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga menjadi bagian dari sistem Flock-Finch Agenc. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa AI dalam sistem sosial agensi berperan sebagai stimulus dalam reproduksi komunikasi juga proses brainstorm, dan kreativitas tidak lagi bergantung pada individu, melainkan merupakan hasil dari proses sosial yang berlangsung secara sistemik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: sistem sosial, agensi periklanan, Artificial Intelligence (AI), kreativitas, brainstorm
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Jul 2025 11:01
Last Modified: 16 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38822

Actions (login required)

View Item View Item