Aktivitas Customer Relationship Management di PT Sumber Trijaya Lestari (Aksesmu)

Viede Putri Hananda, Kenizyanadi (2025) Aktivitas Customer Relationship Management di PT Sumber Trijaya Lestari (Aksesmu). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (555kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (507kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (584kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Latar belakang pemilihan tempat magang ini didasari oleh minat penulis dalam bidang komunikasi pemasaran dan ketertarikan terhadap dunia digital, khususnya dalam manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management/CRM). Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk memahami secara langsung proses kerja pada sub-divisi CRM, menerapkan pengetahuan teoritis dari perkuliahan ke dalam praktek nyata, serta mengembangkan keterampilan profesional yang relevan dengan industri. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah PT Sumber Trijaya Lestari dengan platform digital B2B bernama Aksesmu. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah sub-divisi Customer Relationship Management (CRM), yang berada di bawah Departemen Marketing Development. Deskripsi pekerjaan CRM dalam kegiatan magang ini meliputi pengelolaan WhatsApp Business, menyusun dan membagikan informasi promosi kepada OBA (Outlet Binaan Aksesmu), membuat konten dan merekap, serta terlibat dalam pembuatan konten kreatif. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah model CRM "get, keep, grow" (Peppers & Rogers, 2004), komunikasi pemasaran langsung (Buttle, 2009), serta pemanfaatan saluran digital untuk meningkatkan interaksi pelanggan. Kendala utama meliputi tekanan kerja, hambatan teknis, dan ketidaksesuaian antara teori dan praktek. Setelah dilakukan aktivitas magang selama lebih dari 80 hari, didapatkan kesimpulan yaitu pembelajaran teori CRM dalam perkuliahan dan penerapan CRM secara nyata memiliki banyak tantangan dan perbedaan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Customer Relationship Management, Komunikasi Pemasaran, WhatsApp Business 7 Aktivitas Customer Relationship, Kenizyanadi Viede Putri Hananda, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Jul 2025 13:01
Last Modified: 19 Jul 2025 13:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39097

Actions (login required)

View Item View Item