Perancangan Digital Campaign untuk Membangun Awareness dan Dukungan Masyarakat terhadap Marimba sebagai Pusat Literasi di Desa Situregen, Lebak

Yonathan, Erline (2025) Perancangan Digital Campaign untuk Membangun Awareness dan Dukungan Masyarakat terhadap Marimba sebagai Pusat Literasi di Desa Situregen, Lebak. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (484kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (989kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (376kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (358kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (186kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Literasi merupakan fondasi penting dalam membangun masyarakat yang tangguh, terutama di wilayah rawan bencana seperti Desa Situregen, Lebak. Rendahnya kemampuan literasi anak-anak di desa ini mendorong lahirnya Rumah Marimba sebagai pusat literasi untuk mendukung anak-anak dalam mengembangkan kemampuan membaca dan berpikir kritis. Kampanye digital ini dilakukan untuk mendukung pembukaan Rumah Marimba 3 dalam membangun brand awareness dan dukungan dari masyarakat. Perancangan kampanye ini menggunakan model SOSTAC, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan studi literatur. Strategi dijalankan melalui Instagram dan TikTok, yang terbukti efektif meningkatkan jangkauan, keterlibatan audiens, dan mendapatkan dukungan berupa buku, dana, serta permainan edukatif. Kesimpulan dari perancangan kampanye digital berbasis model SOSTAC terbukti efektif dalam membangun awareness dan dukungan masyarakat terhadap pengembangan rumah baca di wilayah rawan risiko bencana.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Kampanye Digital, Literasi, Marimba, Brand Awareness, SOSTAC, Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jul 2025 13:02
Last Modified: 21 Jul 2025 13:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39115

Actions (login required)

View Item View Item