Rancang Bangun Aplikasi Melukis Graffiti dengan Metode Markerless Augmented Reality

Michael Leang, Paulus (2025) Rancang Bangun Aplikasi Melukis Graffiti dengan Metode Markerless Augmented Reality. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (210kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (15MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (314kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Graffiti merupakan salah satu cara seniman untuk mengekspresikan diri dengan cara menggambar mural di tembok. Namun, apabila digambar diluar properti pribadi, menggambar graffiti dapat dikategorikan sebagai sebuah tindakan kriminal dikarenakan menggambar graffiti dianggap sebagai vandalisme, yang mana sudah diatur dalam undang-undang. Oleh karena itu, aplikasi menggambar graffiti dengan metode markerless-based AR dikembangkan sebagai perantara bagi para seniman untuk mengekspresikan diri. Dari penelitian yang sudah dilakukan, hasil yang didapatkan adalah versi awal dari aplikasi graffiti AR dan juga 34 responden yang sudah mencoba aplikasi ini, dan dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berhasil dikembangkan dan persentase penerimaan pengguna dari 34 responden adalah 82,12%, yang masuk dalam kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Augmented reality, Graffiti, Markerless augmented reality, Vandalisme
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2025 11:01
Last Modified: 22 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39124

Actions (login required)

View Item View Item