Perancangan UI/UX Aplikasi U-Teen Berbasis Teori Doherty Threshold untuk Optimalisasi Pemesanan Makanan Kantin Universitas

Rama Setiawan, Amelia (2025) Perancangan UI/UX Aplikasi U-Teen Berbasis Teori Doherty Threshold untuk Optimalisasi Pemesanan Makanan Kantin Universitas. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (507kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (395kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (701kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Aplikasi U-Teen dikembangkan sebagai solusi digital untuk mempermudah pemesanan makanan di kantin Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Penelitian ini berfokus pada peran desainer UI/UX dalam merancang antarmuka dan pengalaman pengguna yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga efisien, intuitif, dan mudah digunakan. Proses pengembangan desain melibatkan beberapa tahapan, mulai dari riset kebutuhan pengguna, pembuatan wireframe, desain prototipe interaktif, hingga pengujian kegunaan (usability testing). Data primer dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam dengan mahasiswa serta pengelola kantin sebagai pengguna potensial. Hasil pengujian menunjukkan bahwa desain UI/UX yang diterapkan mampu meningkatkan efisiensi proses pemesanan, mengurangi antrean fisik, dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih positif secara keseluruhan. Penelitian ini juga menerapkan teori Doherty Threshold, yang menyatakan bahwa produktivitas dan kepuasan pengguna akan meningkat signifikan ketika sistem merespons dalam waktu kurang dari 400 milidetik, sehingga interaksi terasa cepat dan tidak mengganggu fokus pengguna. Dengan demikian, peran desainer UI/UX dalam pengembangan aplikasi U-Teen tidak hanya berfokus pada estetika, tetapi juga pada aspek fungsionalitas, kenyamanan, dan performa sistem, yang semuanya mendukung terwujudnya transformasi digital di lingkungan kampus UMN.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Aplikasi U-Teen, desain antarmuka pengguna, kantin kampus, pemesanan makanan, pengalaman pengguna, UI/UX.
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jul 2025 13:04
Last Modified: 25 Jul 2025 13:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39255

Actions (login required)

View Item View Item