Pengembangan model dan dashboard untuk analisis data pada IT Service Management di PT Kalbe Farma Tbk

Loano, Evan (2025) Pengembangan model dan dashboard untuk analisis data pada IT Service Management di PT Kalbe Farma Tbk. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (619kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (439kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (569kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Permasalahan utama dalam operasional IT Service Management (ITSM) di PT Kalbe Farma Tbk adalah banyaknya data tidak terstruktur yang menyulitkan proses analisis dan pengambilan keputusan berbasis data. Program magang ini bertujuan untuk mendukung transformasi data menjadi informasi yang bernilai melalui penerapan teknik data analytics. Metode yang digunakan meliputi penarikan data dari Microsoft Graph API (seperti Teams, Sign-in logs, dan BitLocker 365), preprocessing data tidak terstruktur, perancangan dashboard operasional, serta pengembangan model klasifikasi alasan Waiting Reason menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) yang dioptimalkan dengan Sentence-BERT (SBERT). Hasilnya, model berhasil mencapai akurasi lebih dari 98% dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan tiket IT. Selain itu, dashboard interaktif yang dibangun dari berbagai sumber data seperti Microsoft Teams memberikan visualisasi yang memperkuat pengambilan keputusan. Pelaksanaan magang ini menjadi solusi strategis dalam mengintegrasikan ilmu data dengan kebutuhan industri, serta meningkatkan kompetensi teknis, analitis, dan kolaboratif mahasiswa dalam lingkungan kerja profesional di Kalbe Farma.

Item Type: Technical Report (MBKM Report)
Creators: Loano, Evan (00000068315)
Contributors: Wiratama, Jansen (0409019301)
Keywords: Dashboard, Data Analytics, Data Visualization, IT Service Management, Machine Learning.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Date Deposited: 26 Jul 2025 13:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39339

Actions (login required)

View Item View Item