Budaya Partisipasi di Komunitas Roblox : Studi Kasus Game Indo Voice

Wesley Kurniawan, Theona (2025) Budaya Partisipasi di Komunitas Roblox : Studi Kasus Game Indo Voice. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (434kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (342kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (318kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Berpartisipasi dalam dunia digital telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari karena adanya kebutuhan manusia untuk membangun interaksi sosial, terutama secara virtual di era digital ini. Berbagai ruang tersedia, namun salah satunya merupakan game online, dimana jenis sandbox memungkinkan pemain untuk menciptakan dan membentuk dunia virtual mereka sendiri. Roblox sebagai salah satu platform game sosial yang populer, mempunyai komunitas-komunitas interaktif, termasuk game Indo Voice yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bentuk-bentuk budaya partisipasi yang muncul dalam komunitas pemain Game Indo Voice di platform Roblox menggunakan metode kualitatif deskriptif. Menggunakan studi kasus, data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pemain. Teori Budaya Partisipatif dengan empat elemen utamanya yaitu Afiliasi, Ekspresi, Kolaborasi, dan Sirkulasi, ia dapat melihat bagaimana keterlibatan pemain yang tidak hanya sekedar menjadi konsumen, tetapi memberikan dampak bagi komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dunia digital, keempat elemen utama tersebut hadir secara cair, informal dan mengalir, membuat ikatan sosial yang kuat antar pemain, serta menunjukkan bahwa interaksi dan keterlibatannya dalam komunitas menjadi faktor kunci terbentuknya budaya partisipatif pada Indo Voice.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Budaya Partisipasi, Gim Daring, Komunitas Virtual, Roblox
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:06
Last Modified: 31 Jul 2025 11:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39534

Actions (login required)

View Item View Item