Januario Ricky, Bobby (2025) Rancang Bangun Game Pembelajaran Logika Pemrograman Menggunakan Algoritma Fisher Yates. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (212kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (251kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (205kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (83MB) |
Abstract
Kemampuan dalam bidang pemrograman kini menjadi kemampuan esensial seiring dengan meningkatnya kebutuhan industri akan tenaga kerja bidang IT. Namun, Indonesia masih kekurangan talenta IT yang diprediksi akan mencapai 9 juta pada tahun 2030. Di sisi lain, menurut data BAPPENAS tahun 2021, minat mahasiswa Indonesia terhadap bidang sains dan teknologi masih tergolong rendah dengan angka pengambilan studi bidang sains dan teknologi sebesar 32,1%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran, khususnya pada pengenalan logika pemrograman. Salah satu pendekatan tersebut berupa game-based learning, yang telah terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan minat belajar mahasiswa, sesuai dengan data penelitian Fatoni dan Rosalina yang mencatat bahwa 70% mahasiswa lebih memahami materi pemrograman melalui pendekatan serupa. Penelitian ini merancang dan membangun sebuah gim bernama Logic Force menggunakan Unity dan menerapkan algoritma Fisher-Yates untuk melakukan randomisasi kartu dalam permainan. Algoritma ini dipilih karena efisiensinya dalam melakukan permutasi acak dengan tingkat pengulangan yang rendah. Logic Force dirancang dengan mekanisme permainan berbasis kartu yang menekankan pada konsep logika pemrograman seperti operasi aritmatika dasar, if statement, dan perulangan. Gim Logic Force melewati semua pengujian menggunakan metode black-box dengan sukses. Selain itu, berdasarkan penyebaran kuesioner menggunakan USE Questionnaire, gim ini mendapatkan predikat sangat baik dengan skor 81.325%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Fisher-Yates, Game-based learning, logika pemrograman, Unity, USE Questionnaire. |
Subjects: | ?? T58.5-58.64 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 11:06 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 11:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |