Rancang Bangun Game Pembelajaran Logika Pemrograman Menggunakan Algoritma Fisher Yates

Januario Ricky, Bobby (2025) Rancang Bangun Game Pembelajaran Logika Pemrograman Menggunakan Algoritma Fisher Yates. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (251kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (83MB)

Abstract

Kemampuan dalam bidang pemrograman kini menjadi kemampuan esensial seiring dengan meningkatnya kebutuhan industri akan tenaga kerja bidang IT. Namun, Indonesia masih kekurangan talenta IT yang diprediksi akan mencapai 9 juta pada tahun 2030. Di sisi lain, menurut data BAPPENAS tahun 2021, minat mahasiswa Indonesia terhadap bidang sains dan teknologi masih tergolong rendah dengan angka pengambilan studi bidang sains dan teknologi sebesar 32,1%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran, khususnya pada pengenalan logika pemrograman. Salah satu pendekatan tersebut berupa game-based learning, yang telah terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan minat belajar mahasiswa, sesuai dengan data penelitian Fatoni dan Rosalina yang mencatat bahwa 70% mahasiswa lebih memahami materi pemrograman melalui pendekatan serupa. Penelitian ini merancang dan membangun sebuah gim bernama Logic Force menggunakan Unity dan menerapkan algoritma Fisher-Yates untuk melakukan randomisasi kartu dalam permainan. Algoritma ini dipilih karena efisiensinya dalam melakukan permutasi acak dengan tingkat pengulangan yang rendah. Logic Force dirancang dengan mekanisme permainan berbasis kartu yang menekankan pada konsep logika pemrograman seperti operasi aritmatika dasar, if statement, dan perulangan. Gim Logic Force melewati semua pengujian menggunakan metode black-box dengan sukses. Selain itu, berdasarkan penyebaran kuesioner menggunakan USE Questionnaire, gim ini mendapatkan predikat sangat baik dengan skor 81.325%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fisher-Yates, Game-based learning, logika pemrograman, Unity, USE Questionnaire.
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:06
Last Modified: 31 Jul 2025 11:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39537

Actions (login required)

View Item View Item