Kampanye Digital GEMINA kepada Masyarakat Urban dalam Mendukung Mitigasi Bencana di SDN 2 Situregen

Shannon Garot, Michelle (2025) Kampanye Digital GEMINA kepada Masyarakat Urban dalam Mendukung Mitigasi Bencana di SDN 2 Situregen. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (727kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (558kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (374kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (348kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan risiko bencana tertinggi di dunia karena letaknya di zona Cincin Api Pasifik. Salah satu wilayah yang sangat rentan adalah Situregen di Lebak Selatan, Banten. Sayangnya, tingkat kesiapsiagaan masyarakat, khususnya di SDN 2 Situregen, masih rendah. Untuk itu, kampanye digital Generasi Mitigasi Bencana (GEMINA) dirancang sebagai strategi komunikasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat eksternal-- terutama generasi muda usia 18­34 tahun di Jakarta dan Tangerang--terhadap pentingnya edukasi mitigasi bencana di Situregen. Kampanye ini menggunakan konsep komunikasi risiko (Lundgren & McMakin, 2018) dan kampanye digital (Chaffey & Smith, 2017), dengan model perencanaan SOSTAC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak terstruktur, dan rancangan kampanye dikembangkan menggunakan tahapan SOSTAC: situation analysis (menggunakan SWOT), objective (dengan SMART), strategy, tactics, action, dan control. Hasil karya berupa akun media sosial @gemina.id di Instagram dan TikTok yang memuat konten awareness, engagement, dan inspiration. Kampanye ini dirancang untuk menjangkau audiens, serta mendorong keterlibatan nyata dalam bentuk penyebaran informasi dan donasi. Hal tersebut terbukti berhasil oleh pencapaian views, engagement rate, jumlah donatur, dan survei audiens.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: kampanye digital, mitigasi bencana, komunikasi risiko, SOSTAC, media sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 13:06
Last Modified: 31 Jul 2025 13:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39584

Actions (login required)

View Item View Item