Laurensius Dwitama, Juvens (2025) Rancang Bangun Website Pembelajaran Library React JS Menggunakan Metode Gamifikasi dengan Framework Octalysis. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (214kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (633kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (205kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penguasaan teknologi web, khususnya ReactJS, memerlukan pemahaman konsep pemrograman yang cukup kompleks, seperti JSX dan arsitektur berbasis komponen. Hal ini sering menjadi tantangan bagi pemula, yang berdampak pada rendahnya motivasi dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pendekatan gamifikasi telah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan pengguna dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu framework gamifikasi yang banyak digunakan adalah Octalysis, yang mengandalkan delapan pendorong inti untuk mendorong motivasi melalui elemen-elemen permainan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun website pembelajaran ReactJS berbasis gamifikasi dengan menerapkan elemen-elemen permainan dari framework Octalysis, seperti Narrative, Badges, Progress Bar, Milestone Unlocks, Exchangeable Points, Avatar, Pet Companion, Trophy Shelf, Count Down Timer, Easter Eggs, dan Progress Loss. Fokus perbandingan penelitian ini hanya terbatas pada dua platform website, yaitu, React Realm dan Codecademy. Pengembangan website dilakukan menggunakan ReactJS dan Firestore Database dari Firebase. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan 34 responden menggunakan model Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan antara penggunaan website Codecademy dengan React Realm sebesar 20,20% pada kategori Behavioral Intention to Use, yang menunjukkan keinginan kuat responden untuk kembali menggunakan website, serta peningkatan sebesar 18,35% pada kategori Focused Immersion, yang mencerminkan peningkatan keterlibatan dan fokus pengguna saat menggunakan sistem. Dengan demikian, website pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman pengguna terhadap ReactJS secara efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Gamifikasi, HMSAM, Octalysis, Website, ReactJS |
Subjects: | ?? T58.5-58.64 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 11:02 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 11:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |