Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, dan Debt to Equity Ratio terhadap Underpricing (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public pada Tahun 2020-2023 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Verencia, Gabriella (2025) Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, dan Debt to Equity Ratio terhadap Underpricing (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public pada Tahun 2020-2023 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (560kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (446kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (670kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (500kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (270kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Underpricing merupakan kondisi ketika harga saham saat penawaran perdana lebih rendah dibandingkan harga penutupan saham pada hari pertama perdagangan di pasar sekunder. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan debt to equity ratio terhadap underpricing. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor non keuangan yang melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020-2023. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui metode purposive sampling, dengan metode pengujian regresi linier berganda, yang meliputi tahapan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan 91 perusahaan sebagai sampel dengan kriteria, yaitu perusahaan sektor non-keuangan yang melakukan IPO selama periode 2020-2023, mengalami underpricing, memiliki laporan keuangan dua tahun sebelum IPO yang berakhir pada 31 Desember, menggunakan mata uang rupiah, dan memiliki penjamin pelaksana emisi dengan porsi penjaminan terbesar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari prospektus yang diterbitkan perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing, (2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing, (3) debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap underpricing. Reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap underpricing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: debt to equity ratio, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, underpricing
Subjects: ?? HG ??
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Aug 2025 11:02
Last Modified: 06 Aug 2025 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39872

Actions (login required)

View Item View Item