Rancang Bangun Gim Edukasi Berbasis Mobile untuk Anak TK Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle

Ryan, Nicholas (2025) Rancang Bangun Gim Edukasi Berbasis Mobile untuk Anak TK Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong lahirnya berbagai media pembelajaran interaktif, salah satunya gim edukasi berbasis mobile untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun gim edukasi Android untuk anak taman kanak-kanak (TK), dengan menerapkan algoritma Fisher-Yates Shuffle guna menghasilkan konten permainan yang variatif dan tidak repetitif. Gim ini terdiri dari lima jenis permainan: Puzzle Huruf, Mencocokkan Warna dan Bentuk, Hitung dan Cocokkan Angka, Tebak Suara Hewan, dan Petualangan Edukasi. Pendekatan yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dimulai dari perancangan Game Design Document (GDD) hingga evaluasi aplikasi menggunakan model Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM). Evaluasi dilakukan terhadap 30 responden (orang tua atau pendamping anak) untuk mengukur tujuh komponen dalam HMSAM: Perceived Ease of Use, Control, Joy, Immersion, Curiosity, Perceived Usefulness, dan Behavioral Intention to Use. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh nilai rata-rata 78,89%, dengan nilai tertinggi pada komponen Perceived Ease of Use (91,33%) dan Perceived Usefulness (82,10%). Ini menunjukkan bahwa gim edukasi yang dikembangkan memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran anak usia dini yang interaktif, menyenangkan, dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gim edukasi, anak usia dini, Fisher-Yates Shuffle, HMSAM, aplikasi mobile Android
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Aug 2025 11:01
Last Modified: 11 Aug 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39936

Actions (login required)

View Item View Item