Petersen, David (2025) Rancang Bangun Adaptive Neuro Fuzzy Inference System dalam Game Real-Time Strategy. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Download (17MB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
![]() |
Text
CREATION_FILE.zip Download (1GB) |
Abstract
Permainan Real-Time Strategy (RTS) memerlukan kecerdasan buatan (AI) yang adaptif untuk mengelola strategi dan pengambilan keputusan dalam lingkungan yang kompleks dan berubah-ubah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS) dalam game RTS guna meningkatkan kecerdasan buatan dalam merespons kondisi permainan secara lebih optimal. ANFIS menggabungkan kekuatan jaringan saraf tiruan dan logika fuzzy untuk meningkatkan kemampuan adaptasi AI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup perancangan sistem ANFIS, implementasi dalam lingkungan game RTS, serta evaluasi performa sistem menggunakan metode pengukuran akurasi keputusan AI dalam berbagai skenario permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ANFIS dapat meningkatkan efektivitas strategi AI dalam game RTS dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Petersen, David (00000036966) |
Contributors: | Waworuntu, Alexander |
Keywords: | Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System, ANFIS, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Real-Time Strategy. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 05:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |