Perancangan Mobile Website Kampanye mengenai Eksplorasi Hobi untuk Gen Z

Theoson, Aldy (2025) Perancangan Mobile Website Kampanye mengenai Eksplorasi Hobi untuk Gen Z. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (495kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (566kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)

Abstract

Hobi merupakan suatu kegemaran, kesenangan yang dilakukan pada waktu luang bukan sebagai pekerjaan untuk menenangkan pikiran. Sebagian besar aktivitas hobi yang dilakukan adalah aktivitas yang mudah dilakukan tanpa mengetahui manfaatnya. Aktivitas hobi yang menyenangkan tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga memberikan manfaat seperti peningkatan kesehatan emosional, fisik, dan mental. Dalam melakukan aktivitas hobi yang bermanfaat dapat memberikan kegiatan yang bermakna untuk megisi waktu senggang serta dapat meningkatkan kualitas hidup Banyak pelajar yang sulit melakukan hobinya karena aktivtas yang padat. Diperlukan media kampanye mengenai pentingnya memiliki hobi serta aktivitas hobi yang sesuai dengan minat pribadi agar gen Z dapat menemukan hobi yang sesuai dan keseimbangan fisik dan mental dapat dikelola. Tujuan penelitian adalah membuat perancangan mobile website kampanye mengenai eksplorasi hobi untuk gen Z. Target dalam perancangan adalah laki ­ laki dan perempuan, usia 18 ­ 25, pendidikan minimal SMA, SES A-B, dan berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Metode perancangan menggunakan design thinking yang terdiri dari emphatize, define, ideate, protoype, test. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara, kuesioner, dan Focus Group Discussion. Kesimpulan dari perancangan mobile website kampanye ini masih ada beberapa aspek yang harus diperbaiki lagi seperti layout/tata letak mobile website yang masih kurang berdasarkan survei kuesioner alpha test. Kemudian dalam survei kuesioner alpha test sebagian orang berpendapat mengenai masalah ukuran font yang terlalu kecil atau tidak terbaca.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Theoson, Aldy (00000056676)
Contributors:
  1. Yoliando, Fonita Theresia
  2. Eko Prasetyo K, Martinus
Keywords: Mobile Website Kampanye, Eksplorasi Hobi, Gen Z
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40075

Actions (login required)

View Item View Item