Fernando, William (2024) Analisis Faktor Pendorong Niat Beli di Online Grocery: Kasus Platform Digital Segari. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (472kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (374kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (791kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (134kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi Attitude toward Online Grocery dan Intention to Purchase konsumen dalam menggunakan layanan Segari pasca-COVID-19, khususnya di kalangan Gen Z dan Milenial di JaDeTaBek. Online grocery sebagai layanan belanja secara online untuk memenuhi kebutuhan harian pada saat COVID-19 meningkat. Tetapi, setelah pandemi peralihan perilaku belanja konsumen berubah kembali dari online ke offline menyebabkan beberapa perusahaan seperti TaniHub, TokopediaNow, dan Bananas rugi hingga tutup, serta Segari juga mengalami penurunan pengunjung dan pembeli. Penelitian ini menganalisis pengaruh Individual Value dan Brand Awareness terhadap Attitude toward Online Grocery, serta pengaruh Attitude toward Online Grocery, Perceived Price, dan Perceived Health Risk terhadap Intention to Purchase. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan kuesioner yang disebarkan kepada pengguna Online Grocery yang sudah pernah mengunduh Segari, tetapi tidak pernah membeli. Data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS- SEM) dengan bantuan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Awareness tidak berpengaruh langsung terhadap Intention to Purchase, namun Individual Value dan Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude toward Online Grocery, yang selanjutnya memengaruhi Intention to Purchase. Selain itu, Perceived Price dan Perceived Health Risk juga terbukti berkontribusi pada Intention to Purchase. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan Intention to Purchase pada platform Segari, perusahaan perlu memperkuat Attitude Toward Online Grocery dari variabel Individual Value dan Brand Awareness, serta mengelola Perceived Price dan Perceived Health Risk secara efektif. Strategi pemasaran yang inovatif diperlukan untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan strategis bagi perusahaan online grocery dalam meningkatkan layanan, mengoptimalkan pengalaman konsumen, dan memperkuat daya saing di pasar. Studi ini juga berkontribusi pada pengembangan literatur terkait perilaku belanja daring di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Fernando, William (00000056928) |
Contributors: | Riana Putriya, Anna (0321107801) |
Keywords: | online grocery, attitude toward online grocery, intention to purchase. |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |