Perancangan Kampanye Antre Interaktif di Ruang Publik

Giovani, Devina (2025) Perancangan Kampanye Antre Interaktif di Ruang Publik. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (508kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (416kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (349kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (126kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (1MB)

Abstract

Mengantre merupakan sebuah kegiatan individu menunggu giliran untuk mendapatkan produk atau jasa di suatu tempat tertentu. Aktivitas ini sering didapati dalam keseharian, namun banyak masyarakat kesulitan dan gagal dalam menjalankannya dengan benar meskipun secara sadar paham bahwa perilaku disiplin antri melatih nilai positif kualitas pribadi. Faktanya, tingkat disiplin di Indonesia relatif masih rendah. Banyaknya laporan di media membahas topik ini, menunjukkan bahwa perilaku tidak disiplin yang berulang makin saat ini dianggap hal yang normal dalam keseharian. Mengembalikan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya disiplin antri akan memberikan kontribusi dalam meningkatkan aturan hidup dan taraf hidup secara keseluruhan. Berdasarkan pemaparan tersebut, penulis mengajukan peracancangan kampanye interaktif antre di ruang publik. Metode perancangan yang digunakan adalah The Design Thinking Method yang meliputi tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penulis menggunakan metodologi perancangan kualitatif yang meliputi teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara tatap wajah dan wawancara dengan para ahli, studi eksisting, studi referensi, alpha test, dan beta test dalam merancang kampanye antre interaktif. Hasil riset menunjukkan perlunya perancangan kampanye sadar antri yang mampu meningkatkan tingkat disiplin masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Giovani, Devina (00000056981)
Contributors: Purnama, Hadi
Keywords: kampanye, antre, tempat publik
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40118

Actions (login required)

View Item View Item