Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention di Mediasi oleh Brand Trust dan Brand Image pada Brand Tokopedia

Lee, Jonathan (2024) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention di Mediasi oleh Brand Trust dan Brand Image pada Brand Tokopedia. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (392kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (472kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (552kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing terhadap brand trust, brand image, dan purchase intention pada konsumen Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan data yang diperoleh dari survei terhadap 200 responden pengguna Tokopedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust dan brand image, yang selanjutnya berpengaruh positif terhadap purchase intention. Meskipun demikian, pengaruh brand trust terhadap purchase intention memiliki nilai koefisien sebesar 1,681, yang masih perlu ditingkatkan agar lebih signifikan. Berdasarkan temuan ini, Tokopedia disarankan untuk terus meningkatkan kualitas kampanye social media marketing, menjaga konsistensi dalam komunikasi, serta memperkuat hubungan dengan konsumen guna membangun brand trust yang lebih kuat dan meningkatkan niat beli. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang dapat memperkuat pengaruh brand trust terhadap purchase intention, serta mengeksplorasi peran konten dan platform media sosial dalam meningkatkan efektivitas pemasaran.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Lee, Jonathan (00000056987)
Contributors: Prettypal Singh, Rajesh
Keywords: Social media marketing, brand trust, brand image, purchase intention, PLS-SEM.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40121

Actions (login required)

View Item View Item