Analisis Faktor-Faktor Pendrong Customer Satisfaction dan Implikasinya pada Intention to Reuse Online Food Delivery: Studi pada GoFood Indonesia

Tanuwijaya, Stefani (2024) Analisis Faktor-Faktor Pendrong Customer Satisfaction dan Implikasinya pada Intention to Reuse Online Food Delivery: Studi pada GoFood Indonesia. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (606kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (918kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (372kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada industri pengantaran makanan online di Indonesia. Layanan pengantaran makanan online seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood semakin populer karena memudahkan konsumen untuk menikmati makanan tanpa harus keluar rumah. Pada tahun 2023, layanan GoFood yang sebelumnya menjadi pemimpin pasar, kini menghadapi penurunan pangsa pasar dan digeser oleh GrabFood yang berhasil merebut posisi teratas. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen semakin selektif dalam memilih layanan OFD. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi customer satisfaction dan intention to reuse layanan pengantaran makanan online. Survei online dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, namun berpengaruh negatif terhadap intention to reuse. Sebaliknya, perceived convenience dan perceived value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction serta intention to reuse. Selain itu, customer satisfaction terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to reuse OFD. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan pelanggan menjadi faktor utama yang mendorong pengguna untuk kembali menggunakan layanan GoFood. Namun, perceived ease of use tidak lagi menjadi nilai tambah karena dianggap sebagai standar dasar aplikasi modern. Oleh karena itu, GoFood perlu memperkuat aspek lain, seperti kepercayaan, untuk meningkatkan niat pengguna menggunakan layanan secara berulang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Tanuwijaya, Stefani (00000057074)
Contributors: Riana Putriya, Anna (0321107801)
Keywords: Perceived Ease of Use, Perceived Convenience, Perceived Value, Customer Satisfaction, Intention to Reuse, Online Food Delivery Services
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40128

Actions (login required)

View Item View Item